Home / HUT Bunulrejo / Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Satunan Yatim Duafa yang diselenggarakan Pokja 1 PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kelurahan Bunulrejo | Mbois – Mbonol Istimewa

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Satunan Yatim Duafa yang diselenggarakan Pokja 1 PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kelurahan Bunulrejo | Mbois – Mbonol Istimewa

Bunulrejo, 16 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Satunan Yatim Duafa yang diselenggarakan Pokja 1 PKK Kelurahan Bunulrejo.

Pokja 1 PKK Kelurahan Bunulrejo menyelanggarakan agenda Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Santunan Yatim Duafa yang dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 16 November 2019 pukul 08.00 sampai selesai. Bertempat di gedung serbaguna kantor Kelurahan Bunulrejo.

Pokja 1 PKK Kelurahan Bunulrejo dipimpin oleh ibu Mashuri (RW18) terus bergerak menggerakkan ibu-ibu untuk meningkatkan kapasitas dan kreativitasnya, semoga program ini terus berkelanjutan.

Mendatangkan ustad terkemuka memberikan tausiah rohani kepada perserta kegiatan dan dibarengi oleh santunan kepada yatim duafa meningkatkan rasa kepedulian kepada sesama, itulah Mbois (Mbonol Istimewa)

Apa itu Pokja I

Mengelola program Penghayatan dan Pengamalan Pancasila  dan Program Gotong Royong.

Tugas

  1. Memantapkan kerukunan dan toleransi antar umat beragama, saling menghormati dan menghargai dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Meningkatkan ketahanan keluarga dalam rangka mewujudkan kesadaran setiap warga tentang  Penghayatan dan Pengamalan Pancasila melalui Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN)
  3. Memantapan Pola Asuh Anak dan remaja dalam keluarga serta perlindungan anak melalui Lokakarya dan Ujicoba.
  4. Peningkatan pemahaman dan pengamalan perilaku budi pekerti dan sopan santun dalam keluarga dan lingkungan
  5. Meningkatkan pemahaman peraturan perundangan yang berkait dengan pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), pencegahan perdagangan orang (trafficking), peningkatan pemahaman penyalahgunaan narkoba melalui life skill dan parenting skill.
  6. Meningkatkan kesadaran hidup bergotong royong, kesetiakawanan sosial, keamanan lingkungan, Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan lain lainnya.
  7. Memberdayakan LANSIA dalam kegiatan yang produktif dan menjadi teladan  dalam keluarga dan lingkungannya.

Prioritas Program

  • Penghayatan dan Pengamalan Pancasila

Menumbuhkan ketahanan keluarga melalui kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara perlu dilaksanakan pemahaman secara terpadu :

a).    Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN):

PKBN mencakup 5 (lima) unsur:

  1. Kecintaan tanah air,
  2. Kesadaran berbangsa dan bernegara,
  3. Keyakinan atas kebenaran Pancasila,
  4. Kerelaan berkorban untuk Bangsa dan Negara serta
  5. Memiliki kemampuan awal bela Negara.

b).    Kesadaran Hukum (KADARKUM):.

KADARKUM adalah upaya untuk meningkatkan pemahaman tentang peraturan perundang-undangan diprioritaskan di PKK untuk pencegahan PKDRT, Trafficking, Perlindungan Anak, NARKOBA Dan lain-lain.

c).    Pola Asuh Anak dan Remaja

Pola Asuh anak dan remaja adalah upaya untuk menumbuhkan dan membangun perilaku, budi pekerti, sopan santun didalam keluarga sesuai budaya bangsa.

d).    Pemahaman dan Ketrampilan Hidup (Life Skill And Parenting Skill)

Pemahaman dan ketrampilan hidup adalah upaya menumbuhkan kesadaran orang tua dalam upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba.

e).    Pemahaman tertib administrasi dalam rangka meningkatkan dan mewujudkan tertib administrasi kependudukan di keluarga.

  • Gotong Royong

Kegiatan gotong royong dilaksanakan dengan membangun kerjasama yang baik antar sesama: keluarga, warga dan kelompok untuk mewujudkan semangat persatuan dan kesatuan.

  1. Menumbuhkan kesadaran, kesetiakawanan sosial, bertenggang rasa dan kebersamaan serta saling menghormati antar umat beragama
  2. Memberdayakan LANSIA agar dapat menjaga kesehatan fisik dan mental, kebugaran, keterampilan agar dapat melaksanakan kegiatan secara produktif dan menjadi teladan bagi keluarga dan lingkungannya.
  3. Berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan bakti sosial, kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

*Mbois kantil*

Mbonol Istimewa Kanti Lestari

Terjemahan bebas:
*Kelurahan Bunulrejo yang memiliki keistimewaan abadi…*

Bunulrejo Mbois Kantil
Mbonol Istimewa

About Administrator Website

Check Also

Pokja 4 PKK Kelurahan Bunulrejo Kota Malang

Bunulrejo, 1 November 2019 Pokja 4 PKK Kelurahan Bunulrejo Agenda rutin rapat bulanan Ibu-ibu Pokja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.