Home / Batik Tulis Bunga Kantil Bunulrejo Malang / Bunulrejo Sukses Gelar Recycling & Batik Night Carnival

Bunulrejo Sukses Gelar Recycling & Batik Night Carnival

Minggu, 24 Nov 2019, dibaca : 327 , Parijon, adv

MALANG – Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing benar-benar luar biasa. Kelurahan yang dipimpin Lurah Dra. Yuke Siswanti,M.Si ini punya dua gawe besar di tahun 2019. Yang pertama sukses menggelar yaitu Flashmob Tari Bapang dan Bunulrejo Culinary Festival (27/10) lalu di halaman Pasar Bunulrejo.
Event yang sukses menghadirkan treatrikal budaya yang menyedot magnet 2.500 orang masyarakat Bunulrejo dan Kota Malang itu hadir melihat Flashmob Tari Bapang. Jumlah penari warga Bunulrejo terdata ikut terlibat menari dalam Flashmob Tari Bapang berjumlah hampir 900 orang. Sehingga ini merupakan sebuah catatan apresiasi yang cukup tinggi dari warga Bunulrejo terhadap budaya.
“Flashmob Tari Bapang merupakan refleksi treatikal budaya yang merefleksikan kuatnya budaya Bunulrejo yang tergali sejak tahun 1084 lalu. Dari proses persiapan hampir sebulan acara Flashmob Tari Bapang dan Bunulrejo Culinary Festival pada 27 Oktober 2019 yang dilaksanakan di halaman Pasar Bunulrejo telah membuka sebuah potensi budaya Bunulrejo dengan terdatanya banyak tokoh seni budaya di wilayah Kelurahan Bunulrejo,” kata Lurah Bunulrejo Dra. Yuke Siswanti, M.Si.
Besarnya jumlah minat warga Bunulrejo yang berkecimpung didunia seni tari, seni rupa, seni kriya, kuda lumping, ludruk, dan yang lebih menarik ternyata ada yang sudah lama memproduksi batik tulis di wilayah Bunulrejo.
Hal ini memberikan semangat membara kepada Dra. Yuke Siswanti, M.Si selaku Lurah Bunulrejo untuk terus menggali dan blusukan ke warga Kelurahan Bunulrejo. Sehingga muncul ide dari beliau yang sejalan dalam pengembangan ekonomi kreatif dengan membangkitkan dan mengembangkan perajin Batik Tulis di Bunulrejo, dengan menyelenggarakan Bunulrejo Recycling & Batik Night Carnival.
“Tujuan Bunulrejo Recycling & Batik Night Carnival ini adalah membangkitkan dan mengembangkan perajin Batik Tulis Bunulrejo menuju terbangunnya Ekosistem Ekonomi Kreatif di Kelurahan Bunulrejo. Potensi yang luar biasa ini akan terbangun dan berkembang seiring dengan adanya Launching Batik Tulis Bunulrejo dalam acara Bunulrejo Recycling & Batik Night Carnival,” jelas Yuke.
Menurutnya, Bunulrejo Recycling & Batik Night Carnival merupakan titik gerak sebuah spirit warga Kelurahan Bunulrejo membangun daerahnya menjadi semangat tourism. Batik Tulis merupakan warisan budaya Indonesia dan Bunulrejo dengan sejarahnya yang sudah tergali berusia 1084 tahun merupakan anugerah bagi masyarakat. Sehingga dengan bergandengan tangan akan memberikan value ekonomi kreatif menarik bagi kota Malang.
Bunulrejo Recycling & Batik Night Carnival dibuka Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang Drs Wahyu Setianto MM, dan dilaunching Batik Bunulrejo dengan ciri khas berbeda digali dari Budaya Bunulrejo. “Semangat Mbois warga Bunulrejo akan terpapar dalam agenda Utama Launching Batik Tulis Bunulrejo Mbois,” tambahnya.
Rangkaian acara Bunulrejo Mbois (Mbonol Istimewa) yaitu Fashion Show Baju Batik Khas Malang, Fashion Show Baju Daur Ulang, Launching Batik Bunulrejo, Bazar UMKM dan Kuliner, Musik Perkusi, Musik Akustik, Performa Tari Bapang, Tari Barong. Dan yang menarik ada seribu Gelas Gratis Kopi Malang. (jon/sir)
sumber : https://www.malang-post.com/berita/detail/bunulrejo-sukses-gelar-recycling–batik-night-carnival

About Administrator Website

Check Also

Seriusi Tiga Corak Khas Batik Bunulrejo

Sabtu, 23 Nov 2019, dibaca : 285 , Muhaimin, Fino MALANG – Pokja 2 PKK …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.