Home / Karang Taruna Setya Karya Bunulrejo / Tari Bapang Bunulrejo Tampil di Bulan Bakti Karang Taruna Kota Malang

Tari Bapang Bunulrejo Tampil di Bulan Bakti Karang Taruna Kota Malang

Tari Bapang Bunulrejo Tampil di Bulan Bakti Karang Taruna Kota Malang

Kota Malang, 22 Desember 2019

Tari Bapang ?

Bapang adalah nama salah satu tokoh dalam dramatari topeng di malang, tokoh ini dikenal dengan sebutan jayasentika. Salah seorang bupati dari kadipaten banjarpatoman. Sebuah kadipaten yang berada di bawah kekuasaan raja klana sewandama.

Dramatari topeng di malang pada umumnya menggunakan repertoar kisah ”panji” atau disebut lakon panji, yaitu sebuah kisah yang menggambarkan perjalanan raden inukertapati atau panji asmarabangun yang berkelana mencari istinya; dewi sekartaji yang hilang.

Seperti halnya dramatari pada umumnya, dramatari topeng di malang dibagi menjadi beberapa adegan atau babak, salah satunya adalah babak mengetengahkan tari bapang, pada umumnya adegan tersebut dikenal sebagai ”selingan” atau penjeda antar adegan. Pada adegan tersebut, bapang tampil diikuti oleh abdi atau pendamping yang bernama demang mones. Pada perkembangannya, adegan selingan tersebut dilepas dari adegan yang lain, kemudian disajikan sebagai tari tunggal.

Bapang adalah salah satu tarian yang menggambakan tokoh berkarakter gagah, yaitu ditandai dengan gerakan tangan yang lebar – merentang kekiri dan kekanan, angkatan kaki salah satu kaki, dan topeng yang memiliki mata yang lebar disebut ”telengan”. Ciri yang khas pada bentuk topeng bapang adalah hidungnya yang panjang.

Sinopsis

Tarian ini menggambakan perjalanan tokoh bernama bapang jayasentika dari kadipaten banjarpatoman yang akan menghadap prabu klana sewandana. Bapang diungkapkan sebagai tokoh yang memiliki kepribadian yang bangga akan sanjungan, yaitu tampak pada sikap dan gerak – gerik yang membusungkan dada dan tangan yang direntangkan, serta penggunaan tenaga pada bagian awal gerakan.

(Disadur dari : http://aifsx.blogspot.com/2017/03/tari-bapang.html)

Mengapa kami Karang Taruna Setya Karya Kelurahan Bunulrejo bersemangat menggali potensi budaya kelurahan Bunulrejo, bila membaca berita dari acara Flashmob Tari Bapang yang dikuti 1.000 penari dari berbagai usia dapat menggerakkan semangat budaya warga Kelurahan Bunulrejo. Ide agenda ini sudah kami rencakan sejak kami mengadakan seminar kajian potensi wisata Bunulrejo dan Revitalisasi Pasar Bunulrejo menjadi pasar Wisata, pada tanggal 25 Februari 2018

Jadi kami Karang Taruna Setya Karya Kelurahan Bunulrejo merancang konsep potensi Wisata Bunurejo itu sudah hampir 2 tahun, sehingga agenda Flahmob Tari Bapang

Berita terkait keseruan acara kami :

Yuk Nonton Aksi 1000 Penari di Pasar Bunulrejo

Flashmob Tari Bapang Penuhi Bunulrejo

Flashmob Tari Bapang Malang Ramaikan Bunulrejo

Harapan proses ini kami Karang Taruna Setya Karya Bunulrejo untuk terus berkarya dan memperkuat regenerasi kaderisasi generasi muda di Bunulrejo, karena kami yakin bahwa dengan menggali potensi budaya akan menumbuhkan ekonomi kreatif masyarakat.

Alhamdulilah dari proses aktualisasi budaya ini, kami mendapatkan kepercayaan tampil dibeberapa acara, salah satunya menjadi kehormatan adalah tampilnya Tari Bapang dalam agenda Bulan Bakti Karang Taruna Kota Malang yang dilangsungkan di taman krida budaya kota Malang. Penampilan Tari Bapang ini dilakukakan oleh adik-adik Karang Taruna dari RW 08 Kelurahan Bunulrejo.

Bulan Bakti Karang Taruna Kota Malang yang dihadiri dan dibuka oleh bapak Walikota Malang Drs. H. Sutiaji, dalam sambutanya beliau menyampaikan peran penting pemuda dan mengisi kreativitas dengan pengembangan ekonomi kreatif, beliau juga menyinggu terkait potensi pengembangan ekonomi kreatif di Kelurahan Bunulrejo yang mengadakan 2 acara kreatif.

(bapak Walikota Malang Drs. H. Sutiaji memberikan sambutan)

Bagi kami Karang Taruna Setya Karya Kelurahan Bunulrejo merupakan kebanggan kami diberikan sebuah apresiasi oleh bapak walikota Malang, tentu dua event awal ini merupakan pondasi dan kami makin berkreativitas ke depannya.

(Andri Wiwanto, ST., MM Ketua Karang Taruna Setya Karya Kelurahan Bunulrejo berfoto bersama adik-adik Karang Taruna dari RW 08 Kelurahan Bunulrejo yang akan tampil Tari Bapang Bunulrejo)

*Mbois kantil*
Mbonol Is Culture Kanti Lestari

Terjemahan bebas:
*Kelurahan Bunulrejo yang memiliki keistimewaan abadi*

Bunulrejo Mbois Kantil
Mbonol Is Culture

Redaksi : AW1

 

Foto-foto lain :

(Bersama Bapak Camat Blimbing Drs. Muarib, M.Si)

(rekan-rekan Karang Taruna Setya Karya Kelurahan Bunulrejo di Bulan Bakti Karang Taruna Kota Malang)

 

About Administrator Website

Check Also

Membangun Potensi Yang Luar Biasa Karang Taruna Kota Malang

Membangun Potensi Yang Luar Biasa Karang Taruna Kota Malang     Andri Wiwanto, ST, MM., …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.