Home / Karang Taruna Setya Karya Bunulrejo / Training Kaderisasi, Pendidikan Organisasi dan Kepemimpinan Tingkat Dasar 1, Karang Taruna Setya Karya Kelurahan Bunulrejo Kota Malang

Training Kaderisasi, Pendidikan Organisasi dan Kepemimpinan Tingkat Dasar 1, Karang Taruna Setya Karya Kelurahan Bunulrejo Kota Malang

Training Kaderisasi

Pendidikan Organisasi dan Kepemimpinan Tingkat Dasar 1

Bunulrejo, 22 Januari 2020

Dalam benak Mbois People di Kelurahan Bunulrejo pasti bertanya, apa sih Karang Taruna itu, sebuah  pertanyaan yang klise ya, sama dengan apa untungnya ikut Karang Taruna… ???

Pertanya-pertanyaan itu juga menjadi pertanyaan pemuda di seluruh indonesia, mengapa ya…

  1. Apakah Karang Taruna itu Cuma kumpul-kumpul waktu menyelenggarakan acara 17 agustus
  2. Dianggap Karang Taruna karena usia SMP/SMA/SMK sampai kamu kaliah atau lulus kuliah atau kami lagi nganggur, terus di info oleh pihak kantor Kelurahan untuk ikut pelatihan di hotel mana atau dinas di Pemkot Malang ???
  3. Atau hal lain ???

Tentu pertanyaan diatas adalah suatu yang relevan bagi anda semua untuk bertanya,

Bahkan akan menjadi pertanyaan bagi Anda semua, apa sih penting organisasi itu..???

 

Menjawab semua hal diatas tentu tidak mudah, tetapi dengan ruang kreatif hari, dengan keterbukaan informasi , era IT dan era 4.0 hari ini, generasi milenial tentu akan mudah membuat suatu hal ekonomi kreatif, iya memang ???

Jawaban adalah dengan organisasi Karang Taruna ini mencoba menciptakan kita membangun kesetiakawanan sosial dan kreativitas.

 

Pertanyaan selanjutnya adalah mengapa kesetiakawanan sosial dan kreativitas, karena kami Karang Taruna Setya Karya Kelurahan Bunulrejo telah berusaha membuktikan bisa menggali sebuah kreativitas konsep wisata tematik Bunulrejo dengan dasar sejarah Bunulrejo 1085 tahun (coba buka mbah google)…. pasti itu konsep dari kami Karang Taruna Setya Karya Kelurahan Bunulrejo yang berusaha membangun sebuah nilai-nilai positif dalam kreativitas.

 

Tentu perjalanan ini tidak mudah, membuat ide kreatif dan mengatualisasikan ide dalam tindakan dan membangun branding dan konsistensi dalam sebuah konsep organisasi sosial. Berdasarkan prespektif yang tentu tidak mudah inilah di tahun ke 3 kepengurusan Karang Taruna Setya Karya Kelurahan Bunulrejo Periode 2018-2021 untuk menata kaderisasi.

 

Pertanyaan juga, apakah Karang Taruna Setya Karya Kelurahan Bunulrejo  juga keren, bagus dan profesional dalam mengelola organisasi Karang Taruna Setya Karya Kelurahan Bunulrejo itu sendiri dan ternyata belum, yang ada masih acak-acakan, tetapi kami Karang Taruna Setya Karya Kelurahan Bunulrejo mempunyai prinsip bahwa sebuah kreativitas itu harus terus berjalan, bergulir, berkembang dan diteruskan oleh generasi berikutnya.

 

Sehingga training ini menantang anda, yang katanya milenial, jago dil RT/RW atau sekola, kampus anda untuk membuat kelas kecil 5 orang, teman sebaya anda, ayo gabung, gali kreativitas anda disini.

Bunulrejo Butuh Anda semua, bikin bangga Orang Tua Anda dengan kreativitas dan nilai-nilai posiitif

 

Manfaat dan apa yang dibahas dalam Training :

  1. Membuka wacana, pemikiran, minat bakat kamu
  2. Apa itu Karang Taruna
  3. Bagaimana Menata Karir
  4. Mau Jadi Profesional ?
  5. Mau Jadi Entrepreneur ?
  6. Membahas juga Era 4.0 & Ekonomi Kreatif

 

Detail Training ini :

  1. Gratis dan Ilmu yang Mbois (kelas kecil 5 orang, teman sebaya Anda)
  2. Program Pelatihan Rutin dan berjenjang
  3. Untuk Muda-Mudi Di Tiap RT di Bunulrejo
  4. Tingkat SMP (Kumpulkan 5 orang teman satu RT sebaya kamu, jadi 1 kelas)
  5. Tingkat SMA/SMK/MA (Kumpulkan 5 orang teman satu RT sebaya kamu, jadi 1 kelas)
  6. Tingkat Universitas/Lulus SMA/SMK/MA (Kumpulkan 5 orang temansatu RT sebaya kamu, jadi 1 kelas)
  7. pendaftaran sampai 20 Februari 2020
  8. Beberapa Pemateri Terkemuka :
  • Yuke Siswanti, M.Si (Lurah Bunulrejo)
  • Suryono Hadi Elfahmi, SP., MM (Konsultan Bisnis Nasional)
  • Arief Rachman Setiono, MT., IPM., AER (Dosen + Pengusaha)
  • Alfan Imawan, ST (Direktur PT. AMI (Pengusah Bidang Mekatronika)
  • Dan pemateri terkemuka, profesional dibidangnya

 

Nah bagaiman anda..Mbois People harus ikut ya

Semoga training memberikan manfaat bagi mbois people kelurahan Bunulrejo

 

Bunulrejo Mbois

Mbois = Mbonol Is Culture

 

Redaksi : Andri Wiwanto, ST., MM (Ketua Karang Taruna Setya Karya Bunulrejo)

 

Dibawah ini adalah program Karang Taruna Setya Karya Kelurahan Bunulrejo

 

Rencana Kerja Karang Taruna kelurahan Bunulrejo

Motto :

Semangat : Saya Datang, Saya Bekerja Kreatif, Saya Sukses

#SetyaKaryaMbois

 

Membangun Kompetensi Dasar

  1. Religiusitas
  2. Intelektualitas
  3. Humanitas

 

Membangun Tradisi

  1. Tradisi Baca
  2. Tradisi Diskusi
  3. Tradisi Tulis

 

Visi

Menjadi Pribadi Bertaqwa, Belajar, Santun dan Berfikir Global Bertindak Lokal

 

Misi

  1. Industri Kreatif Wisata Tematik Bunulrejo Merupakan Rangkaian Utama Gerak Langkah Dalam Mengembangkan Potensi Ekonomi Warga Bunulrejo.
  2. Implementasi Program Kerja Karang Taruna Setya karya Bunulrejo Merupakan Semangat Mengembangkan Potensi Anggota Karang Taruna Setya karya Bunulrejo dalam kerja mengembangkan potensi kepemudaan di wilayah Kelurahan Bunulrejo.
  3. Anggota Karang Taruna Setya Karya Bunulrejo Mengembangkan Pontesi Entreprenurship dalam kerangka Ekonomi Kreatif.

 

Menjadikan Muda Mudi di Wilayah Kelurahan Bunulrejo :

  1. Punya budi pekerti berkarakter berlandaskan Iman dan Takwa.
  2. Mempunya pemikiran yang kreatif
  3. Mengembangkan diri dalam berbagai lingkup kegiatan yang postif.
  4. Mampu menjadi kader pengembangan potensi lingkungan.

 

Program Kerja Utama :

  1. Fokus Pengembangan Bunulrejo Tourism.
  2. Citizen Journalism.
  3. Training Program
  4. Pengembangan Entreprenurship Kepemudaan.

 

Badan Pengembangan :

  1. Badan Pengembangan Pariwisata
  2. Badan Pengembangan Lingkungan
  3. Badan Ekonomi Kreatif.

 

Kerangka Kerja :

  1. Bidang Pengembangan Lingkungan dan Kreativitas
  • Wakil Ketua 1 sebagai koordinator
  • Mengkordinasi 4 Bidang yang sesuai
  • Semua bidang punya program yang terkorelasi per tahun, menyesuaikan dengan schedule masing-masing bidang, dan realistis dapat dikomunikasikan dengan muda-mudi RW. Karena tujuan kita bersinergi dengan semua pihak.
  1. Bidang Pengembangan Wisata
  • Wakil ketua 2 sebagai koordinator
  • Mengkordinasi 4 Bidang yang sesuai
  • Semua bidang punya program yang terkorelasi per tahun, menyesuaikan dengan schedule masing-masing bidang, dan realistis dapat dikomunikasikan dengan muda-mudi RW. Karena tujuan kita bersinergi dengan semua pihak.

Perencaan Program Kerja Karang Taruna Setya Karya

No. Perencanaan Detail Agenda
1. Penguatan Data Kepemudaan –       Mendata rekan-rekan yang muda menjadi data base yang teringrasi, sehingga penyampaian info terkait kegiatan Pemerinta Kota Malang tersampaikan dengan baik kepada anak muda di kelurahan Bunulrejo–       Mendata potensi minat bakat pemuda.
2. Kaderisasi Kepemudaan –       Mengembangkan konsep pembelajaran secara berkelanjutan, dengan materi-materi mengembangkan kompetensi diri.
3. Program Pengembangan Pariwisata Bunulrejo –       Sejarah Bunulrejo telah berusia 1083 tahun, dengan semangat sejarah yang bisa digali, potensi wisata tematik perlu bersama membuat kreativitas tersebut.–       Potensi pasar Bunulrejo dalam mendukung potensi wisata tematik Bunulrejo, menjadi kredit point sebagai bagian dari sosialisasi pengembangan tersebut.
4. Program Pengembangan Konseling Remaja –        Tantangan kepemudaan yang sangat komplek dalam jaman now ini, perlu konsep pendekatan yang baik bagi lingkup kepemudaan.
5. Program Wirausaha Muda –        Dengan pengembangan kreativitas dan data base kepemudaan rekan-rekan kepemudaan akan kita dorong untuk mengembangan potensi wirausaha.–        Kita mempersiapkan komunitas start up bisnis dalam mendukung konsep wirausaha.
6. Program Peningkatan Kompetensi Kepemudaan –        Merupakan program yang utama dan dasar dalam mengembangkan potensi kepemudaan.–        Menyelenggarakan seminar, training, workshop dan program peningkatan yang lainnya secara berkelanjutan dapat mengembangkan kreativitas kepemudaaan.
7. Program Kesehatan Reproduksi Remaja –       Program terkait dengan bentuk antisipasi dan pembelajaran dan pemahaman pentingnya menjaga reproduksi remaja, dengan menanamkan secara dini konsep yang baik dalam pola pikir rekan-rekan yang muda.
8. Program Anti Narkoba dan Tertib Lalu Lintas –        Kerawanan penyalahgunaan narkoba telah menjadi perhatian serius dari semua pihak, sehingga pendekatan dan kampanye untuk menghindari narkoba dengan kegiatan yang positif–        Tertib Lalu Lintas merupakan sebuah pembentukan karakter bagi generasi muda, sehingga dengan kampanye ini dapat memberikan pemahaman bahwa dengan mentaati lalu lintas dapat memberikan pengaruh terhadap kedisplinan diri.
9. Program Lingkungan –        Mengembangkan konsep pemisahan sampah warga.–        Kampanye kesehatan lingkungan
10. Program Olahraga dan Seni Budaya –        Mengembangkan potensi pemuda dalam bidang olahraga, membantu minat bakat pemuda menjadi atlet olahraga yang terarah.–        Seni Budaya merupakan jadi bagian industri kreatif, sehingga dengan program ini mendorong pendekatan yang tepat dalam mengeangkat potensi kepemudaan.
11. Program Citizen Journalism –        Mengembangkan potensi literasi kepemudaan–        Membangun budaya membaca dan menulis

–        Mengembangkan potensi 1 RW 1 Perpustakaan, dan memaksimalkan Perpustakaan Kantor Kelurahan Bunulrejo.

–        Pengembangan potensi bahasa asing

12. Program Tanggap Bencana –        Bersinergi mengembangkan kepedulian kebencaan, dengan mensinergikan potensi pemuda yang terlibat dalam Tagana (Taruna Tanggap Bencana)
13. Program Pengembangan Potensi Keagamaan –        Membangun sisi religi potensi kepemudaan

 

Demikian konsep pengembangan Karang Taruna Setya Karya Bunurejo, Besar harapan semua pihak stakehorlder di wilayah Kelurahan Bunulrejo dapat memberikan bimbingan kepada kami dalam merealisasikan konsep yang kami rencanakan.

 

About Administrator Website

Check Also

Bunulrejo Creative Action Hub – Ruang Kreatif Karang Taruna Setya Karya Bunulrejo

Bunulrejo Creative Action Hub Apa itu Ya tentu merupakan pusat kreatif Leadership Center Dan masih …

One comment

  1. Sebuah organisasi dapat berjalan maksimal jika memiliki konsep perencanaan yang matang, sistematis, berbasis data yang akurat, dan ditunjang oleh SDM yang qualifield, berintegritas dan berjiwa sosial… Katar Sekar (Karang Taruna Setya Karya) menurut saya memiliki itu semua. Tinggal “pengejawantah”nya perlu dipertajam… Sinergitas semua potensi perlu ditingkatkan dan kerjasama segenap lembaga internal yang ada di Kelurahan Bunulrejo perlu dirajut ulang. Ego sektoral harus dilepaskan. Saya yakin, ke depan, jika konsep dapat diterjemahkan dengan baik maka Bunulrejo akan melesat. Semoga… AYO WONG MBUNUL… GO…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.