Home / Kampung KB / Pembangunan Sumur Resapan & Biopori – Gerakan Menabung Air, Sinergi Lingkungan dan Sanitasi – Pogram Kampung Keluarga Berencana (KB) Mbois Kelurahan Bunulrejo, Dibawah Binaan Universitas Merdeka Malang

Pembangunan Sumur Resapan & Biopori – Gerakan Menabung Air, Sinergi Lingkungan dan Sanitasi – Pogram Kampung Keluarga Berencana (KB) Mbois Kelurahan Bunulrejo, Dibawah Binaan Universitas Merdeka Malang

Bunulrejo, 17 Februari 2020

 

Program Bunulrejo Manajemen Tata Kelola Air & Gerakan Menabung Air Peduli Lingkungan

Program kampung KB mengamanatkan bahwa lingkungan menjadi titik point fungsi pengembangan lingkungan Pokja Kampung KB Mbois Kelurahan Bunulrejo yang termaktub dalam program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Sehingga titik point itu menjadi fokus kami dalam tagline Pokja Kampung KB Mbois Kelurahan Bunulrejo yang bertujuan selain menguatkan sisi kepersertaan KB tentu lingkungan yang baik dan sehat merupakan pendukung utama dalam menciptakan keluarga kecil berkualitas.

Program Bunulrejo Manajemen Tata Kelola Air & Gerakan Menabung Air Peduli Lingkungan ini tercetus karena berdasarkan diskusi kegiatan MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) Pokja Kampung KB Mbois Bunulrejo yang telah kami laksanakan pada tahun 2019, beberapa hal terkait lingkungan yang kami diskusikan dengan warga dan perangkat RW di wilayah Bunulrejo, salah satu utama perlu dipecahkan adalah terkait lingkungan yang terjadi beberapa wilayah jika hujan akan terjadi banjir atau genangan air.

 

Tujuan Program

Program ini menjadi pondasi awal bagi kepengurusan Pokja Kampung KB Mbois Kelurahan Bunulrejo yang telah resmi menerika SK, sehingga tujuan program ini adalah :

  1. Amanat Peraturan Pemerintah No 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana dan Sistem Informasi Keluarga. Dalam PP disebutkan delapan fungsi keluarga meliputi (1) fungsi keagamaan, (2) fungsi social budaya, (3) fungsi cinta kasih, (4) fungsi perlindungan, (5) fungsi reproduksi, (6) fungsi sosialisasi dan pendidikan, (7) fungsi ekonomi dan (8) fungsi pembinaan lingkungan.
  2. Daerah Aliran Sungai (DAS), Kawasan Miskin Perkotan, Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi merupakan mengapa Kampung KB Mbois Bunulrejo menjadi percontohan, sehingga program ini merupakan titik awal dalam implementasi program.
  3. Fakta di lapangan, masyarakat masih kekurangan informasi terkait program KB, sehingga perlu sosialisasi dan pendekatan edukatif.
  4. Peresmian Kampung KB Mbois Kelurahan Bunulrejo
  5. Membangun gerakan Menabung Air Peduli Lingkungan, dengan manajemen tata kelola air hujan.
  6. Membangkitkan penghijauan dengan konsep Bunulrejo menjadi taman buah dan sayur sebagai refleksi Bunulrejo 1085 tahun yang lalu, sehingga tercipta konsep wisata tematik kelurahan Bunulrejo.

 

Rangkaian Acara

Program Bunulrejo Manajemen Tata Kelola Air & Gerakan Menabung Air Peduli Lingkungan ini menghadirkan rangkaian acara yang menarik bagi promosi gerakan peduli lingkungan.

  1. Pembangunan 21 Sumur Resapan di 21 RW di Kelurahan Bunulrejo.
  2. 1085 titik sumur Biopori
  3. 10.000 Penanaman bibit pohon buah-buahan
  4. MOU Hutan Kampung Edukasi SD Negeri 3 Bunulrejo
  5. Launching Kampung KB Mbois Bunulrejo.

Rangkaian acara diatas adalah sebuah kampanye lingkungan yang menarik, dapat memberikan edukasi secara maksimal kepada masyarakat.

 

Output Acara

Output yang diharapkan dari acara ini adalah :

  1. Terciptakan kolaborasi atau kerja sama dari semua pihak terkait merupakan kunci keberhasilan dalam pelaksanaan Kampung KB
  2. terintegrasinya program pembangunan dari seluruh lintas sektor, sehingga lingkup kegiatan kampung KB tidak hanya fokus pada kegiatan program KKBPK saja, melainkan ada kegiatan kesehatan reproduksi, ketahanan dan pemberdayaan keluarga, pembangunan permukiman, pendidikan, hingga peningkatan sosial ekonomi masyarakat.
  3. Mendorong lima faktor utama keberhasilan Kampung KB, yakni komitmen kuat dari pemangku kebijakan di semua tingkatan, integrasi lintas sektor, optimalisasi fasilitas dan dukungan mitra kerja, semangat dan dedikasi pengelola kampung KB, termasuk petugas lini lapangan KB dan partisipasi masyarakat.
  4. Universitas Merdeka Malang merupakan altualisasi lintas seoktor yang memperkuat Kampung KB Mbois Bunulrejo, dapat menjadi pembina kampung KB, sehingga terus memberikan mentoring program-program kemasyarakatan dapat terus secara berjalan dan bermanfaat.

Harapan kami  terselenggaranya agenda ini adalah semakin meningkatnya kreativitas warga yang peduli terhadap kepersetaan KB, peduli lingkungan, dan kreativtas dalam ekonomi dalam wisata tematik kelurahan Bunulrejo.

Bunulrejo Mbois

Mbois = Mbonol Is Culture

 

Redaksi :

Andri Wiwanto, ST., MM

Ketua Kampung KB Mbois Kelurahan Bunulrejo

About Administrator Website

Check Also

SDN Bunulrejo 3 Malang Miliki Hutan Kampung Edukasi, Ada Pohon Langka Kendal

SDN Bunulrejo 3 Malang Miliki Hutan Kampung Edukasi, Ada Pohon Langka Kendal Kamis, 12 Maret …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.