Home / Kampung KB / Resmikan Hutan Kampung Edukasi, Tanam 50 bibit Pohon Tabe Puyang

Resmikan Hutan Kampung Edukasi, Tanam 50 bibit Pohon Tabe Puyang

Resmikan Hutan Kampung Edukasi, Tanam 50 bibit Pohon Tabe Puyang

Kamis, 12 Mar 2020

SDN BUNULREJO 03 MALANG

MALANG– Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar, terutama lingkungan sekolah. SDN Bunulrejo 3 Malang resmikan Hutan Kampung Edukasi. Peresmian program tersebut digelar di halaman sekolah, Kamis (12/3), dengan tujuan menjadi salah satu bagian dari branding Kelurahan Bunulrejo.
Peresmian Hutan Kampung Edukasi ditandai dengan penyerahan 50 bibit pohon tabe puyang oleh DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kota Malang kepada pihak sekolah yang berada di Jalan Sebuku tersebut. Pohon-pohon itu akan ditanam di kawasan SDN Bunulrejo 3, yang luasnya 5900 meter persegi. Sebagai pohon keras, tanaman ini ditanam untuk menciptakan suasana rindang dan sejuk di sekolah.
Kepala SDN Bunulrejo 3 Slamet Darmadji mengatakan, sekolahnya dipilih karena selama ini memang gencar melakukan penghijauan dan memiliki spot yang menarik dengan lingkungan yang luas serta banyak pohon beraneka jenis. Bahkan di sekolah tersebut, ada dua tanaman langka yang tak dimiliki sekolah lain. “Kami memang selalu lakukan penghijauan, seperti ada pohon Bisbul dan Kendal di halaman sekolah yang jadi media pembelajaran anak-anak,” ungkapnya.
Bisbul adalah nama sejenis buah sekaligus tumbuhan penghasilnya. Tumbuhan ini berkerabat dengan kesemek dan kayu hitam. Sedangkan Kendal merupakan pohon semak. Sebagai miniatur hutan pembelajaran, setiap pohon atau tumbuhan di SDN Bunulrejo 3 ke depan akan diberi tag nama. Supaya murid-murid dapat dengan mudah mengenali jenisnya.
“Anak-anak itu tahu namanya, tapi nggak tahu bentuknya. Semoga dengan inisiatif ini, wawasan anak-anak semakin luas sehingga SDN Bunulrejo 3 bisa jadi percontohan penghijauan sekolah, ” tandasnya.
Peresmian Hutan Kampung Edukasi SD Negeri Bunulrejo 3 dan program lingkungan dengan support penuh dari Universitas Merdeka Malang. Melalui mahasiswa KKN Tematik Teknik Sipil dengan pembangunan sumur resapan atau injeksi dan pendampingan perencanaan pembangunan, pembangunan sumur injeksi yang pertama di RT 4 RW 19 Kelurahan Bunulrejo.
Sementara itu, Lurah Bunulrejo Yuke Siswanti mengatakan bahwa ini merupakan serangkaian kegiatan dalam Peresmian Hutan Kampung Edukasi SD Negeri Bunulrejo 3, Gerakan Menabung Air, Sinergi Lingkungan & Sanitasi dan Sinergi Lintas Sektor, dan Program Kampung Keluarga Berencana (KB) Mbois Kelurahan Bunulrejo. Diharapkan dari agenda program ini adalah penguatan sinergi lintas sektor dalam pengembangan kreativitas di wilayah kelurahan Bunulrejo.
“Kami juga meresmikan logo Branding Kelurahan Bunulrejo dengan Spirit dan Visi menjadi Kelurahan Budaya, Belanja, Kuliner dan Heritage. Semoga menjadi sumbangsih pengembangan potensi wisata tematik Kelurahan Bunulrejo,” tuturnya.
Peresmian itu dihadiri Direktur Perumda Tugu Tirta Kota Malang, M. Nor Muhlas, S.Pd., M.Si, Wakil Rektor IV Unmer Malang Dr. Sunardi SE., MM, dan Camat Blimbing Drs. Muarib, M.Si. (mp4/sir/udi)

Editor : mahmudi
Penulis : mp4

Sumber : https://www.malang-post.com/berita/detail/resmikan-hutan-kampung-edukasi-tanam-50-bibit-pohon-tabe-puyang

About Administrator Website

Check Also

Hari Ini, SDN Bunulrejo 3 Kenalkan Hutan Kampung Edukasi

Saat launching Hutan Kampung Edukasi di SDN Bunulrejo 3 Blimbing Malang. KABARMALANG.COM – SDN Bunulrejo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.