Home / Uncategorized / Semarak Hari batik Nasional 2020, Kampung KB Mbois Launching Kampung Edukasi Batik RW 10 Bunulrejo, Pusat Batik Tulis Malang Motif Tirto Telogo

Semarak Hari batik Nasional 2020, Kampung KB Mbois Launching Kampung Edukasi Batik RW 10 Bunulrejo, Pusat Batik Tulis Malang Motif Tirto Telogo

#MboisPeople [Kampung Edukasi Batik RW 10 Bunulrejo]www.kampungkbmbois.com
Pusat Sentra Batik Tulis Malang
—-
Kampung KB Mbois Bunulrejo merupakan salah satu kampung KB mandiri dan kreatif karena berfokus kepada pengembangan ekonomi kreatif, belum maksimalnya intervensi pembiayaan dari pemerintah daerah. Bila mengaca jumlah Kampung KB yang ada seluruh Indonesia berjumlah lebih ari 15.400 kampung KB, Kampung KB Mbois Kelurahan Bunulrejo cukup menjadi pembeda dan super kreatif karena berada di lingkup perkotaan dengan terbatasnya potensi wilayah alam, tetapi mampu mengembangkan potensi perkotaan dengan ide kreatif yang berbeda, sehingga sangat pas bila menjadi percontohan atau studi banding dari berbagai daerah dari seluruh indonesia.

Ciri khas Kampung KB Mbois Kelurahan Bunulrejo yang sangat berbeda dan satu-satunya di Indonesia yang mempunyai tema yang kuat dengan membangun dasar dari akar sejarah 935 Masehi Bunulrejo, Sehingga mempunya tagline “Kampung KB Mbois Berbasis Potensi Wisata Tematik Sejarah Bunulrejo 1085 tahun”

Bangga Kencana menyiratkan bahwa pembangunan keluarga dan pembentukan KB tidak lagi fokus kepada jumlah kelahiran. Tetapi dengan Bangga Kencana memberikan penekanan bahwa BKKBN memfokuskan kepada pembangunan keluarga. Kami melihat bahwa jumlah demografi bonus demografi, dimana penduduk Indonesia lebih didominasi oleh generasi milenial, sehingga kata Kunci bagi kami Kampung KB Mbois Bunulrejo dalam mengembangkan Kampung KB adalah dengan fokus kepada pengembangan ekonomi kreatif.

Sehingga menjawab tantangan implementasi Bangga Kencana, Kampung KB Mbois Bunulrejo menelorkan sebuah  Konsep Original yaitu pengembangan potensi disetiap RW di Kelurahan Bunulrejo dengan mendirikan Kampung Edukasi, sebuah konsep bagaimana mengembangkan ekonomi wilayah perkotaan sebagai wujud implementasi dari program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana).

Kampung KB MBois Bunulrejo telah bergerak sejak tahun awal 2020 dengan memperkuat konsep Kampung Edukasi, step pertama yang kami launching adalah Hutan Kampung Edukasi SD Negeri Bunulrejo 3 Kota Malang, ini merupakan wujud peran serta Potensi SD Negeri Bunulrejo 3 yang berada di wilayah RW 8 Bunulrejo yang mempuyai potensi hutan edukasi yang bedara dilingkungan SD Negeri Bunulrejo 3 dan dalam Launching Hutan Kampung Edukasi ini implementasi pengutan Lintas Sektor dengan dukungan dari Fakultas Teknik Universitas Merdeka Malang. (Cek Mbah Google)

Kami telah mengembangkan Kampung Edukasi Herbal dan Zero Waste RW 19 Bunulrejo, Kampung Edukasi Lansia RW 18 Bunulrejo, dan pengembangan yang terbaru adalah Kampung Edukasi Batik RW 10 Bunulrejo, mengapa Kampung Edukasi batik, hal ini merupakan fokus dari Kampung KB MBois Bunulrejo mengembangkan Ekonomi Kreatif di Kelurahan Bunulrejo dan Batik Tulis Bunulrejo telah menjadi Ekosistem Industri Kreatif Bunulrejo

Kampung Edukasi Batik RW 10 Bunulrejo merupakan pusat Sentra Batik Malang. Menjadi pusat kreativitas perajin batik tulis Bunulrejo dengan motif batik tulis kebanggaan Tirto Telogo. Karena konsep Edukasi Batik Tulis Tirto Telogo yang merupakan batik khas Bunulrejo akan memberikan story’ telling alan inspirasi sejarah 935 Masehi Bunulrejo. Anda dapat menikmati proses belajar mencanting batik, sejarah batik Bunulrejo, budaya Bunulrejo, Taman Batik, Galery Batik dan Edukasi Edukasi Batik lainnya.

RW 10 juga menjadi pusat Seniman Bunulrejo lho Mbois People (sebutan keren warga Bunulrejo), ada Sanggar Seni Budaya Nusantara”Gumlering Sasongko Aji” anda juga bisa belajar karawitan dan belajar dalang juga, dan ada sekolah dalangnya juga lho Mbois People. Menarik kan Mbois People RW 10 Bunulrejo yang memang telah menjadi Kampung Budaya dengan telenta pekerja seni yang kreatif, baik itu seniman Kriya Kayu, seniman lukis dan yang utama ada batik tulis, sanggar Karawitan dan sekolah Dalang Malang.

Peresmian Kampung Edukasi Batik ini memiliki rangkaian acara yang menarik yaitu yang utama adalah Wayang Kulit dengan lakon Pandowo Matirto dengan dalang Ki Rachmad Dian Kuncoro, M.Si (Dalangnya Asli Warga RW 10 ya Mbois People) dan Tari Tirto Telogo (Tarian Khas Bunulrejo) yang dibawakan oleh ibu Catur dari Sanggar Merah Putih RW 3 Bunulrejo.

Agenda peresmian Kampung Edukasi Batik Tulis Bunulrejo ini akan diresmikan oleh bapak camat Blimbing Drs. Muarib, M.Si dan didampingi oleh Lurah Bunulrejo Dra. Yuke Siswanti, M.Si dan Mbois People yang terundang untuk hadir, Hadir juga Kepala Bank BRI KCP Unit Bunul, Perwakilan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang, Ketua TP PKK Kecamatan Blimbing, Ketua TP PKK Kelurahan Bunulrejo, Ketua LPMK Bunulrejo, Ketua BKM Bunulrejo, Ketua Paguyuban RW Bunulrejo, Ketua Kelurahan Tangguh (Keltang) Bunulrejo, Ketua Karang Taruna Bunulrejo

Karena agenda launching Kampung Edukasi Batik ini dalam kondisi pandemik covid19, undangan sangat terbatas dan harus patuh protokol kesehatan, maka acara akan disiarkan secara virtual di Instagram @kampungkbmbois

Program Pengembangan Kampung Edukasi di Wilayah Kelurahan Bunulrejo merupakan program Kampung KB Mbois Bunulrejo yang mengembangkan ekonomi kreatif Bunulrejo Berbasis Sejarah 935 Masehi Bunulrejo
—-
“Kampung KB Mbois Berbasis Potensi Wisata Tematik Sejarah Bunulrejo 1085 tahun”
@kampungkbmbois
www.kampungkbmbois.com
—-
Bunulrejo Mbois
Mbois = Mbonol Is Culture

About administrator

Check Also

Filosofi dan Ciri Khas Motif Batik Bunga Kantil Bunulrejo : Mbois Kantil – Mbonol Istimewa Kanti Lestari (Terjemahan bebas : Kelurahan Bunulrejo Yang Memiliki Keistimewaan Abadi)

Bunulrejo, 22 Februari 2020 Batik Tulis Bunulrejo boleh dibilang pendatang baru dijagad perbatikkan Kota Malang, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.