Home / Batik Tulis Tirto Telogo Bunulrejo / Batik Tulis Asli Khas Bunulrejo, Motif Tirto Telogo

Batik Tulis Asli Khas Bunulrejo, Motif Tirto Telogo

Batik Khas Bunulrejo, Motif Tirto Telogo

Batik khas Bunulrejo akan memberikan story’ telling dan inspirasi sejarah 935 Masehi Bunulrejo.

Batik Tulis Tirto Telago merupakan sebuah pengembangan motif lama tapi baru dimunculkan oleh perajin batik tulis Bunulrejo berdasarkan sejarah 935 Masehi sehingga memiliki makna yang dalam, sehingga bila dijelaskan makna itu :

“BATIK TIRTO TELOGO”

BATIK TULIS KHAS BUNULREJO

Batik Motif TIRTO TELOGO ini terlahir dari sejarah desa Bunul di masa lampau (Terbukti dengan adanya Prasasti Kanuruhan) yang tersimpan di Museum Mpu Purwa. Dari hasil analisa di ketahui bahwa ada seorang pemuda yang bernama Bulul dan bertempat tinggal di desa itu, pada kurun waktu abad ke X masehi. Dan diberikan anugerahi oleh Raja sebuah desa atau perdikan kepada pemuda bernama Bulul ini, karena peran sertanya dalam membangun Desa. Terbukti ditandai dengan peresmian Prasasti batu yang berupa Artefak Arca Ganesha yang di belakangnya terdapat Prasasti Kanuruhan, serta adanya Situs Telaga di RW 12 Bunulrejo. Peresmian diadakan pada hari Minggu tgl 4 Januari  935 Masehi, oleh karena itu hasil olah warisan sejarah desa Bunulrejo sudah membudaya dalam menulis dalam kain atau membatik telah menjadi tradisi masyarakat Bunulrejo, tetapi hal ini belum terangkat oleh masyarakat, berjalannya waktu muncul semangat untuk terus menggali sejarah lisan dari sesepuh Bunulrejo, sehingga terjadi kesepakatan ide dari ibu-ibu perajin batik tulis untuk memunculkan motif batik tulis yang betul-betul khas dari kelurahan Bunulrejo yaitu BATIK KHAS BUNUL dengan nama ” TIRTO TELOGO”. Arti dalam bahasa Indonesia yaitu “AIR TELAGA” Yang memiliki kandungan Arti dan Harapan yang besar atas curahan Rahmat dari TUHAN YME, yang berwujud air telaga yang di lambangkan dengan batik tulis motif Tirto Telogo.

Kreativitas perajin batik tulis Bunulrejo terus berkembang dalam meningkatkan kualitas produksi dan sinergi dengan semua stakeholder Bunulrejo dalam meningkatkan peran serta mendorong ekosistem ekonomi kreatif batik tulis Bunulrejo.

Ekpresi kreativitas ini juga memuncukan curahan ide kreatif warga dalam mengembangkan motif Tirto Telogo ini melalui beragam ekspresi melalui lagu dan tari bertema Tirto Telogo.

Lirik lagu batik tirto telogo :

Batik bunul….batik tirto telogo..

Batik bunul…batik adem  lan tentrem….

Ayo..rame rame…busanane batik bunul..

( 2 x ) Batik tirto telogo anugrahing Gusti Alloh…

 

Ke Khas an Batik Tirto Telogo juga menjadi sebuah cerita dalam sebuah ekpresi Tari, yang juga telah ditampilkan oleh Sanggar Seni Mbois Bunulrejo

Video Youtube : https://youtu.be/WAjQ-FBVH7E  (Tari Tirto Telogo – Dra. Endah Catur Lestari – Kampung Edukasi Batik RW 10 Bunulrejo, Budaya Malang)

 

Semoga batik khas Bunulrejo  motif TIRTO TELOGO ini , akan selalu memberikan manfaat yang besar bagi seluruh Masyarakat Bunulrejo pada khususnya dan seluruh masyarakat Malang Raya.

 

Bunulrejo Mbois
Mbois = Mbonol Is Culture

 

 

Ketua Paguyupan Batik Tulis Bunulrejo

Ibu Erni Yulita

0813-3312-4324

 

About administrator

Check Also

Generasi Milenial Siswa SMA Negeri 3 Kota Malang Belajar Seni Membatik di Kampung Edukasi Batik RW 10 Bunulrejo

Kampung KB Mbois, 3 November 2020 (Latepost), Generasi muda yang peduli dengan nilai luhur seni …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.