Home / Kampung KB / DKBPPPA Kabupaten Gresik Kunjungi Kampung KB Mbois Bunulrejo – Medayoh Bunulrejo

DKBPPPA Kabupaten Gresik Kunjungi Kampung KB Mbois Bunulrejo – Medayoh Bunulrejo

Diterbitkan, ,

DKBPPPA Kabupaten Gresik Kunjungi Kampung KB Mbois Bunulrejo

Keluarga Berencana, Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBPPPA) Kabupaten Gresik saat berkunjung di Kampung KB Mbois di wilayah Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang

KABARMALANG.COM – Keluarga Berencana, Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBPPPA) Kabupaten Gresik kunjungi Kampung KB Mbois di wilayah Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Dalam rangkaian kunjungan ini, DKBPPPA Kabupaten Gresik membawa setidaknya 95 orang rombongan dengan menaiki dua bus dan beberapa unit mobil pribadi.

Kepala Bidang Keluarga Brencana dan Pengendalian Penduduk DKBPPPA Kabupaten Gresik Ahmad Dharief Dahlawy mengatakan, kunjungannya kali ini untuk studi banding atau studi tiru ke Kampung KB Mbois Bunulrejo.

“Kita melihat bahwa disini ada potensi yang bisa kita gali, ada ilmu-ilmu yang bisa kita ambil manfaatnya, salah satunya kerajinan membatik,” ungkap Dharief, Selasa (12/10/2021).

Untuk membatik pun para penyuluh KB dari Kabupaten Gresik langsung merasakan membatik diatas kain dan canting yang telah disiapkan di Balai RW 12, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Kemudian hasil membatik tersebut juga tampak lembaran-lembaran kain batik khas dari Kelurahan Bunulrejo yang dipasang di Co-Working Space Kelurahan Bunulrejo. Selain dipajang, lembaran kain batik tersebut juga dijual. Hal itu dapat menjadi pendapatan para pembatik di wilayah Kelurahan Bunulrejo.

“Kemudian ada kerajinan olahan makanan, ada kerajinan olahan minuman, disini menjadi daya tarik kami, mengapa kami bisa berkunjung ke Kota Malang ini,” ujar Dharief.

Selain kerajinan membatik, olahan makanan dan minuman, para penyuluh KB dan rombongan DKBPPPA Kabupaten Gresik juga dilatih langsung bermain karawitan. Terdapat dua instruktur yang sudah berpengalaman dalam karawitan tersebut.

Dari hasil pemaparan materi dari perwakilan Kampung KB Mbois Bunulrejo, serta sesi tanya jawab, terdapat beberapa ilmu yang nantinya akan diterapkan di Kabupaten Gresik.

Salah satunya bagaimana mengemas dan memasarkan makanan serta minuman olahan agar memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Di Gresik itu sudah banyak makanan kerupuk, cuma pengolahannya seperti apa supaya menjadi daya tarik di Kabupaten Gresik itu yang belum,” tutur Dharief.

Maka dari itu, pihaknya berencana menerapkan ilmu-ilmu yang sudah didapat dari Kampung KB Mbois Bunulrejo, sehingga dapat menjadi daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara.

“Sehingga output nya adalah peningkatan PAD dan income di sektor ekonominya,” kata Dharief.

Sementara itu, Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Peny Indriani melalui Sekretaris Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Nunuk Sri Rusgiyanti mengatakan pihaknya sangat bangga dengan capaian Kampung KB Mbois hingga menjadi tempat kunjungan dari daerah lain.

“Kita pun berbangga dan berharap apa yang ada di kita itu bisa di adopsi atau diterapkan di daerah-daerah lain,” ujar Nunuk. (carep-03/fir)

sumber : https://kabarmalang.com/27393/dkbpppa-kabupaten-gresik-kunjungi-kampung-kb-mbois-bunulrejo

About administrator

Check Also

Dinsos: Kampung KB Kelurahan Bunulrejo Makin Bersinar

Salah satu batik hasil karya warga Bunulrejo. (Foto: ma/MalangTIMES) MALANGTIMES – Kampung KB Kelurahan Bunulrejo …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.