Home / Kampung KB / Peresmian Hutan Kampung Edukasi SD Negeri Bunulrejo 3, Gerakan Menabung Air, Sinergi Lingkungan & Sanitasi dan Sinergi Lintas Sektor, Program Kampung Keluarga Berencana (KB) Mbois Kelurahan Bunulrejo

Peresmian Hutan Kampung Edukasi SD Negeri Bunulrejo 3, Gerakan Menabung Air, Sinergi Lingkungan & Sanitasi dan Sinergi Lintas Sektor, Program Kampung Keluarga Berencana (KB) Mbois Kelurahan Bunulrejo

Peresmian Hutan Kampung Edukasi SD Negeri Bunulrejo 3, Gerakan Menabung Air, Sinergi Lingkungan & Sanitasi dan Sinergi Lintas Sektor, Program Kampung Keluarga Berencana (KB) Mbois Kelurahan Bunulrejo

Bunulrejo, 11 Januari 2020

Menuangkan ide kreativitas dalam melaksanakan kegiatan sosial, merupakan sebuah tantangan yang menarik, dari ide dasar yang kemudian ditungkan dalam sebuah konsep proposal dan segara dilaksankan dalam sebuah acara tidak semudah yang kita fikirkan. Seperti hal mengetuai sebuah organisasi yang dalam lingkup Keluarga Berencana (KB) ini merupakan hal yang berbeda dengan dinamika kepemudaan di Karang Taruna. Prespektif pendekatan yang coba kami gali adalah bagaimana Kampung KB ini bergerak dalam pola sisi pengembangan ekonomi dan kreativitas, sehingga mengapa menjadi menjadi Kampung KB Mbois Bunulrejo yang merupakan refleksi Mbois adalah Mbonol Is Culture yang syarat makna budaya dan kreativitas yang digali dari akar sejarah Bunulrejo.

Berangkat dari spirit kreativitas itu segera kami bergerak beride kreatif, dengan dana yang memang tidak atau kas dalam posisi nol dari Kampung KB Mbois Kelurahan Bunulrejo berani mengadakan ide yang dapat dikatakan dadakan dalam hal pelaksanaan, tetapi dalam hal konsep sudah kami konsepkan dari awal terbentuknya kepengurusan. Sehingga ide utama dari acara ini adalah bagaimana memaksimalkan sinergi potensi dari lingkungan yaitu sebagai ikon utama adalah SD Negeri Bunulrejo3 di jalan sebuku. SD Negeri Bunulrejo 3 ini merupakan sebuah spot yang menarik yaitu dengan lingkungan yang luas dan banyak pohon beraneka jenis dan ada juga pohon kendal yang menjadi sebuah cerita dari asal daerah kendal kerep.

Spirit kami adalah sebuah peranan penguatan lintas sektor terhadap pengembangan program Kampung KB Mbois Bunulrejo bermanfaat bagi masyarakat, sehingga dalam pelaksanaan agenda ini paling utama adalah Peresmian Hutan Kampung Edukasi SD Negeri Bunulrejo 3 dan program lingkungan dengan support penuh dari Universitas Merdeka Malang. Hal ini didukung oleh Mahsiswa KKN Tematik Teknik Sipil FT Universitas Merdeka Malang yang akan melakukan KKN selama 3 bulan penuh, beberapa agenda mahasiswa KKN Tematik ini adalah pembangunan sumur resapan atau injeksi dan pendampingan perencanaan pembangunan, pembangunan sumur injeksi yang pertama di RT 4 RW 19 Kelurahan Bunulrejo. Mengapa pembangunan sumur injeksi di RT 4 RW 19 Bunulrejo sudah berjalan karena ada dana sharing dengan Tekniks Sipil Universitas Merdeka Malang dan partisipasi masyarakat. Program Mahasiswa KKN Tematik ini akan bergerak keseluruh RW dalam pendampingan sesuai dengan kualifikasi mahasiswa Teknik Sipil dalam memberikan pendamping kepada seluruh RW di Kelurahan Bunulrejo.

Kami juga meresmikan logo Branding Kelurahan Bunulrejo

dengan Spirit dan Visi menjadi Kelurahan Budaya, Belanja, Kuliner dan Heritage, semoga menjadi sumbangsih pengembangan potensi wisata tematik Kelurahan Bunulrejo

Beberapa agenda yang akan diresmikan dan dilaksanakan besok hari kamis tanggal 12 April 2020 dalam agenda Peresmian Hutan Kampung Edukasi SD Negeri Bunulrejo 3 adalah :

  1. 21 titik Sumur Injeksi/ Resapan dan Biopori
  2. Penanaman Bibit Pohon Buah-Buahan
  3. Launching Kampung KB Mbois Bunulrejo
  4. Launching Hutan Kampung Edukasi SD Negeri Bunulrejo 3
  5. Launching Rumah Dataku Kampung KB Mbois Bunulrejo
  6. Launching Galery Batik Tulis Bunulrejo & Produk UKM
  7. Launching Bank Popok (Mendayagunakan limbah Diapers)
  8. Penampilan Budaya dan Kriya Siswa-siswi SD Negeri Bunulrejo 3
  9. Pelepasan Mahasiswa KKN Tematik Teknik Sipil FT UNMER Malang

Segenap undangan kehormatan yang akan hadir dalam peresmian Peresmian Hutan Kampung Edukasi SD Negeri Bunulrejo 3 adalah :

  1. Rektor Universitas Merdeka Malang, Prof. Dr. Anwar Sanusi, SE., M.Si
  2. Kepala Dinas SP3AP2KB Pemkot Malang, Dra. Penny Indriani, MM
  3. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkot Malang, Dra. Zubaidah, MM
  4. Direktur Perumda Tugu Tirta Kota Malang, M. Nor Muhlas, S.Pd., M.Si

Harapan dari agenda program ini adalah pengutanan sinergi lintas sektor dalam pengembangan kreativitas di wilayah kelurahan Bunulrejo. Program kampung KB Mbois Bunulrejo adalah sebuah sarana pengembangan keluarga kecil berkualitas yang berkreativitas dan berbudaya. Sehingga ini adalah step awal, bukan karena kami pengurus, tetapi karena Mbois People (sebutan keren warga Bunulrejo) untuk berpartisipasi aktif dalam pengembanggan lingkungan.

 

Ayo Mbois People, berkreativitas untuk Bunulrejo, dari Bunulrejo untuk Bunulrejo

 

Bunulrejo Mbois

Mbois = Mbonil Is Culture

 

Redaksi

Andri Wiwanto, ST., MM

About Administrator Website

Check Also

Launching Hutan Kampung Edukasi, SDN Bunulrejo 3 Tanam 50 Tanaman Tabe Puyang

Launching Hutan Kampung Edukasi, SDN Bunulrejo 3 Tanam 50 Tanaman Tabe Puyang 12 March 2020 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.