Home / Uncategorized / Filosofi dan Ciri Khas Motif Batik Bunga Kantil Bunulrejo : Mbois Kantil – Mbonol Istimewa Kanti Lestari (Terjemahan bebas : Kelurahan Bunulrejo Yang Memiliki Keistimewaan Abadi)

Filosofi dan Ciri Khas Motif Batik Bunga Kantil Bunulrejo : Mbois Kantil – Mbonol Istimewa Kanti Lestari (Terjemahan bebas : Kelurahan Bunulrejo Yang Memiliki Keistimewaan Abadi)

Bunulrejo, 22 Februari 2020

Batik Tulis Bunulrejo boleh dibilang pendatang baru dijagad perbatikkan Kota Malang, tetapi bila mencari lebih jauh perjalanan sejarah Bunulrejo itu mungkin bisa sedikit terpatahkan bahwa tradisi membatik itu sudah sejak lama ada meski tidak dalam area kain batik secara khusus, karena dinamika pembatik di Bunulrejo ternyata sudah berjalan sebelum ini digelorakan oleh rekan-rekan Karang Taruna Setya Karya Bunulrejo.

Kami Karang Taruna Setya Karya Bunulrejo memang yang beride kreatif memunculkan konsep wisata tematik Bunulrejo yang bertujuan untuk membangun sebuah ekosistem kreatif, dan ini terbukti dari proses menggali beberapa pembatik berkembang 25 orang lebih pembatik tulis di berbagai RW di Kelurahan Bunulrejo, jumlah pembatik ini insyallah akan terus berkembang. Sebuah kebahagian bisa mendorong sebuah ekosistem ekonomi kreatif, karena sebuah konsep sebagus apapun adalah peran Mbois People (sebutan keren masyarakat Bunulrejo) itu sendiri yang mengisi cerita dan kreativitas dalam bingkai wisata tematik Bunulrejo.

Nah tentu Mbois People ingin tahu bagaimana muncul bunga kantil sebagai icon batik tulis Bunulrejo, ide muncul ini tentu adalah proses menggali dari semangat memperkuat konsep wisata tematik Bunulrejo. Muncul ini adalah dari diskusi kesekian kalinya dengan beberapa pembatik pada bulan september 2019 ketika selesainya kursus bahasa inggris warga atau KBIB (KLub Bahasa Inggris Bunulrejo) pada malam hari di kantor kelurahan Bunulrejo.

Dalam diskusi yang kami Karang Taruna Setya Karya Bunulrejo prakarsai ini hadir beberapa pihak dan pembatik yaitu Dra. Yuke Siswanti, M.Si selaku Lurah Bunulrejo, Bu Yustin dari RW 14, Bu Yossy dari RW 12, Bu Nany dari RW 02, Bu Rini dari RW 12 dan juga Pak Siswantoro selaku pengajar kursus bahasa inggris (Dosesn Diploma Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang) dan tentunya saya ketua Karang Taruna Setya Karya Bunulrejo yang memimpin jalan diskusi terkait memperkuat konsep Batik Bunulrejo.

Diskusi yang menarik, tercipta beberapa ide, salah satunya adalah ciri khas bunga kantil, yang diusulkan oleh bu Yustin dan Bu Yossy, kemudian bu Yossy langsung menggambarkan bentuk bunga Kantil dengan menggambarkan nya dikertas HVS, nah jadilah seperti dibawah ini, tema dan ciri khas motif batik tulis Bunulrejo :


ciri khas motif batik tulis Bunulrejo

Diskusi yang gayeng dan konstruktif ini seperti mengalir dengan deras, semangat 45 tentunya yang menjadi penghabis waktu sampai jam 22.20 diskusi ini dilakukan, nah yang lebih menggembirakan adalah pak Siswantoro memberikan ide memperkuat sebuah filosofi Batik Tulis Kantil Bunulrejo yaitu Mbois Kantil.

Filosofi Batik Tulis Bunga Kantil Bunulrejo :

*Mbois kantil*

Mbonol Istimewa Kanti Lestari

Terjemahan bebas:
*Kelurahan Bunulrejo yang memiliki keistimewaan abadi*

Bunulrejo Mbois
MBois = Mbonol Is Culture

 

Bagaimana Mbois People ini sebuah cerita Batik Kantil Bunulrejo, mengisi kreativitas ini adalah tugas kita bersama, dari kita untuk kita semua ya Mbois People.

 

Redaksi
Andri Wiwanto (Ketua Karang Taruna Setya Karya Kelurahan Bunulrejo)

About Administrator Website

Check Also

Peningkatan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Kota Malang Tahun 2019

Kota Batu, 27-28 September 2019 Peningkatan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing Kota Malang Merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.