Home / Uncategorized / Motif Bunga Khantil, Batik Khas Bunulrejo Dilaunching

Motif Bunga Khantil, Batik Khas Bunulrejo Dilaunching

Motif Bunga Khantil, Batik Khas Bunulrejo Dilaunching

  • 24-11-2019 / 19:27 WIB
  • Kategori:Malang
Motif Bunga Khantil, Batik Khas Bunulrejo Dilaunching BERNILAI: Lurah Bunulrejo, Yuke Siswanti dan perajin batik Bunulrejo, Yusnani Dwiana menunjukkan batik khas Bunulrejo motif bunga khantil.

Malangpostonline.com – Sabtu (23/11) malam, batik khas Bunulrejo resmi dilaunching. Motifnya menggunakan bunga kanthil. Ide bunga kanthil sendiri, tiba-tiba muncul.  Spontanitas. Yusnani Dwiana, salah satu perajin batik di Bunulrejo mengaku, tiba-tiba saja terlintas dalam pikirannya untuk mencoretkan bunga kanthil. “Tiba-tiba saya gambar, motif kanthil ini yang keluar,” katanya.

Pemilik Modiste Yoessy di Bunulrejo itu, lantas menyampaikan desain bunga kanthil kepada perajin batik lainnya. “Semuanya setuju. Jadi, kreatif bunga kanthil tetap ada dalam desain. Dalam gambar topeng pun tetap ada, mulai mahkota ataupun kelopak bunganya,” terang dia. Yusnani mengaku desain ini muncul karena ia suka melukis wayang.

Batik tulis yang ia tekuni, seperti batik khas Bunulrejo tersebut, sudah memiliki nilai jual yang tinggi. Paling murah berharga Rp 350.000. “Sebenarnya, sebelum dilaunching, kita sudah promo melalui social media. Responsnya luar biasa. Banyak yang tanya motif yang akan digunakan. Tapi kita rahasiakan motifnya sampai waktunya kita launching,” tutup dia.

Sementara itu, Lurah Bunulrejo, Yuke Siswanti memaparkan, Bunulrejo yang sudah berusia 1.084 tahun ternyata memiliki potensi batik yang belum banyak tergali, tereksplor dan terekspos. Padahal banyak perajin batik. “Saat ini, kita ekspos dan eksplor kemampuan membantik masyarakat untuk dikenalkan di Kota Malang, Jawa Timur, nasional hingga dunia,” katanya.

Menurut dia, banyak budaya dan seni Bunulrejo yang harus dikenalkan ke dunia luar. Seperti konsep batiknya dengan mbois, sebagai nyawa atau ruh bahwa Bunulrejo memang istimewa. “Motif batik tidak lepas dari kanthil, artinya melekat. Kanthil juga bisa disebut lestari atau abadi. Kanthil juga merupakan bunga yang harus dilestarikan,” pungkasnya. (mar/Malangpostonline.com)

Editor : mar
Uploader : slatem
Penulis : marga
Fotografer : marga

sumber : https://www.malangpostonline.com/read/27082/motif-bunga-khantil-batik-khas-bunulrejo-dilaunching-/1

About Administrator Website

Check Also

Sejarah Bunulrejo Kota Malang

Sejarah asal usul desa pada umumnya dapat digali melalui tinggalan arkeologis dan folklor (cerita rakyat). …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.