Home / Batik Tulis Bunga Kantil Bunulrejo Malang / Seru dan Luar Biasa Bunulrejo Recycling & Batik Night Carnival

Seru dan Luar Biasa Bunulrejo Recycling & Batik Night Carnival

Seru dan Luar Biasa Bunulrejo Recycling & Batik Night Carnival

  • 24-11-2019 / 19:01 WIB
  • Kategori:Malang
Seru dan Luar Biasa Bunulrejo Recycling & Batik Night Carnival MEMBATIK: Salah satu stand untuk belajar membatik dibuka di acara Bunulrejo Recycling & Batik Night Carnival.

Malangpostonline.com – Area halaman depan Pasar Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Sabtu (23/11) sore hingga malam hari mendadak berubah menjadi panggung dan catwalk jalanan. Panggungnya dipenuhi dengan nuansa batik warna warni. Ya, hari itu, masyarakatnya menggelar acara Bunulrejo Recycling & Batik Night Carnival. Acaranya dikemas cukup istimewa.

Selain bazar UMKM dan kuliner, musik perkusi dan akustik, ada pula fashion pakaian daur ulang kontemporer serta fashion batik on the street. Sejak sore, masyarakat Bunulrejo mendatangi dan ikut mencicipi berbagai menu kuliner, berbelanja atau sekadar meminum kopi yang diberikan gratis hingga seribu gelas oleh panitia dari sponsor.

Beberapa diantaranya juga belajar membatik di salah satu stand. Suasananya cukup seru. Rangkaian kegiatan ini, memang khusus diadakan untuk melengkapi acara launching batik khas Bunulrejo. “Memang banyak acara yang diadakan agar launching batik khas Bunulrejo ini semakin meriah,” kata Mochammad Eko Cahyono, salah satu anggota karang taruna Bunulrejo.

Seperti fashion pakaian daur ulang serta fashion batik on the street yang dilombakan antar RW. “Masyarakat di sini senang karena nama daerahnya mulai terangkat dengan kegiatan-kegiatan yang digelar setiap bulan sekali. Seperti sebelumnya ada flashmob dan tari bapang secara kolosal,” tambah pemuda yang juga menjadi MC acara ini kepada malangpostonline.com.

Senada dengannya, Umiati Eko Beny, warga RW09 Bunulrejo juga memiliki motivasi dan inovasi untuk menjadikan Bunulrejo sebagai pasar pariwisata. “Kita ingin sama-sama berpartisipasi dan membesarkan Bunulrejo. Berpartisipasi dalam rangka mengembangkan klasik tradisional. Seperti dalam Bunulrejo Batik Mbois ini,” ujar pengurus PKK Kelurahan Bunulrejo itu.

“Kita sebagai komponen masyarakat, ingin sekali meningkatkan atau membangkitkan kreatifitas batik khas Bunulrejo,” tambahnya. Ia dan 49 warga RW09 Bunulrejo membuat batik motif jumput yang dipergunakan untuk senam kreasi di acara Bunulrejo Recycling & Batik Night Carnival. Didominasi warna oranye, batik jumput yang dibuat cukup mudah.

“Cara membuatnya, kain mori warna putih diberi kelereng, lalu diikat karet. Setelah itu, direndam air putih, dicelup dua pewarna dan garam. Direbus 15 menit sambil dibolak balik. Selanjutnya didinginkan dan dibilas air. Lalu diangin-anginkan. Setelah itu lepas karet. Intinya, warga memiliki kreatifitas dan ingin tampil untuk menunjukkan batik yang kita miliki,” tegasnya. (mar/Malangpostonline.com)

 

Editor : mar
Uploader : slatem
Penulis : marga
Fotografer : marga

sumber : https://www.malangpostonline.com/read/27080/seru-dan-luar-biasa-bunulrejo-recycling-amp-batik-night-carnival

About Administrator Website

Check Also

Seriusi Tiga Corak Khas Batik Bunulrejo

Sabtu, 23 Nov 2019, dibaca : 285 , Muhaimin, Fino MALANG – Pokja 2 PKK …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.